Breaking News

WN Rusia Buronan Interpol Akhirnya Tertangkap

D'On, Jakarta,- Warga Negara Rusia bernama Andrew Ayer Alias Andrei Kovalenka, yang melarikan diri dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Bali, ditangkap. Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan Andrew ditangkap oleh tim gabungan Mabes Polri, Resmob Polda Bali, hingga pihak imigrasi.

"Tim Mabes Polri, Resmob Polda Bali, dan pihak Imigrasi Khusus Kelas I Ngurah Rai berhasil menangkap buronan Interpol Andrew Ayer alias Andrei Kovalenka yang melarikan diri dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Bali, pada Kamis, 11 Februari 2021 lalu," ujar Argo melalui keterangan tertulis, Rabu (24/2/2021).

Irjen Argo Yuwono mengungkapkan bahwa Andrew Ayer ditangkap di sebuah villa di Kuta Utara, dini hari tadi. Saat diciduk, Andrew tak melakukan perlawanan dan langsung dibawa ke Kantor Imigrasi.

Tidak hanya Andrew, tim gabungan turut menangkap seorang wanita yang diketahui sebagai pacarnya, yakni Ekaterina Trubkina. Pacar Andrew diduga ikut terlibat dalam pelarian Andrew.

"Diamankan bersama pacarnya tanpa melakukan perlawanan dilanjutkan membawa DPO tersebut ke kantor imigrasi," katanya.

Sebelumnya, Andrew Ayer melarikan diri ketika hendak dipindahkan dari Ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rumah Detensi Imigrasi Denpasar karena keterbatasan ruang detensi yang dimiliki Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

Saat proses administrasi pemindahan, yang bersangkutan dijenguk oleh rekan wanitanya yang bernama Ekaterina Trubkina sekitar pukul 13.20 WITA.

Setelah dijenguk oleh rekan wanitanya tersebut, Andrew Ayer alias Andrei Kovalenka menjalankan proses pemeriksaan kembali oleh petugas. Namun saat proses pemeriksaan berlangsung, Andrew menyelinap dari dalam ruang pemeriksaan dan melarikan diri.

(gbr/dtk)