Terhalang Proyek Terowongan Istiqlal-Katedral, Transjakarta Sediakan Bus Khusus dan Ubah Rute

D'On, Jakarta,- PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta menyediakan feeder atau bus pengumpan khusus untuk rute Harmoni-Pasar Baru. Bus tersebut disediakan akibat adanya pembangunan terowongan silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Direktur Utama Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo menyatakan layanan tersebut mulai beroperasi pada Rabu, 20 Januari sampai 31 Maret 2021.

"Untuk layanan ini kami menyediakan sebanyak lima unit bus single yang akan melayani pelanggan mulai pukul 05.00-20.00 WIB," dalam keterangan tertulis, Kamis (21/1).

Selain itu kata dia, pihaknya juga melakukan sejumlah modifikasi rute untuk melakukan penyesuaian akibat adanya pengalihan jalan. Seperti halnya untuk rute di koridor 2 (Pulogadung Harmoni), koridor 3 (Harmoni–Kalideres) dan layanan 5C (PGC–Harmoni).

Berikut modifikasi tiga layanan Transjakarta:

1. Koridor 2 (Pulogadung - Harmoni)
Mengalami modifikasi untuk arah Harmoni, sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

Bentuk modifikasi:
Setelah pelayanan di Halte Gambir 1 bus belok kiri - Menuju jalan Medan Merdeka Utara - jalan Majapahit - Harmoni. Halte yang tidak melayani:
- Halte Istiqlal
- Halte Juanda
- Halte Pecenongan

2. Koridor 3 (Harmoni - Kalideres)
Mengalami perpendekan rute menjadi Kalideres- Juanda. Halte yang tidak melayani yakni Pasar Baru

3. Layanan 5C (PGC - Harmoni)
Mengalami modifikasi rute untuk arah Harmoni, sementara arah sebaliknya normal.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas akibat adanya pekerjaan terowongan silahturahmi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

"Pelaksanaan mulai 20 Januari sampai dengan 31 Maret 2021, selama pekerjaan lalu lintas yang melintas di Jalan Katedral dialihkan," kat Syafrin dalam keterangan tertulis, Senin (18/1/2021).

Berikut rekayasa lalu lintas yang dilakukan:

1. Lalu lintas dari arah Gunung Sahari menuju Harmoni dialihkan melalui Jalan Lapangan Benteng Utara - Jalan Lapangan Benteng Barat - Jalan Pejambon - Jalan Medan Merdeka Timur - Jalan Medan Merdeka Utara - Jalan Majapahit atau Jalan Veteran 1 - Jalan Veteran

2. Lalu lintas dari Gambir yang menuju Ancol dialihkan melalui Jalan Perwira -Jalan Lapangan Benteng Barat -Jalan Lapangan Benteng Selatan - Jalan Gunung Sahari.


Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com 

(mond/eko)


Powered by Blogger.