Breaking News

Dinilai Berhasil Terapkan Perda, Satpol PP Kota Padang jadi Percontohan DPRD InHil

D'On, Padang- Kasat Pol PP Kota Padang, Alfiadi S.Sos., MM menyambut langsung kedatangan Ketua DPRD Indragiri Hilir. Dr. H. Ferryandi, ST., MM., MT. beserta Kasat Pol PP Indragiri Hilir, Marta Haryadi, SH., MH., Ketua DPRD Pesisir Selatan Beserta rombongan, Kamis (28/1/2021).

Kedatangan ketua DPRD Inhil dalam rangka kunjungan kerja dan perihal mengetahui langkah-langkah dan cara Satpol PP Padang dalam memberlakukan Perda Nomor 6 Tahun 2020. tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) serta pemberian sanksi bagi masyarakat yang tidak mengunakan masker di Kota Padang.

"Pada tahun 2020 kita masih memperlakukan Perda Nomor 06 tahun 2020 (Provinsi), pada tahun 2021 ini di Padang sudah lahir Perda nomor 01 tahun 2021 tentang perubahan hidup baru, insyaallah kedepannya Satpol PP Padang akan bekerja atas dasar Perda tersebut."kata Alfiadi.

Dirinya menjelaskan, supaya lancarnya kegiatan penegakan Perda tersebut dalam penanganan pandemi di Kota Padang tidak bisa dilakukan oleh satu OPD saja, selain Satpol PP tentu juga bekerja sama dengan seluruh stakeholder yang ada dalam pelaksanaan dan penindakannya. 

"Untuk menegakkan Perda nomor 01 tahun 2021 kedepannya, tentu Satpol PP tidak bisa bekerja sendirian, perlu semua OPD yang terlibat ikut serta dalam penindakannya," paparnya.

Selain itu. Ketua DPRD Hilir. Dr. H. Ferryandi, ST., MM., MT., menjelaskan, selama pemaparan yang disampaikan Kasat Pol PP Kota Padang, semua sangat bermanfaat, banyak ilmunya untuk bisa diterapkan di Indragiri Hilir.

"Kami sengaja datang ke Satpol PP Kota Padang berdasarkan rekomendasi dari Kasat Pol PP Riau. Dikarenakan memang khusus dalam penangan Covid 19. Satpol PP Padang lebih maju dan lebih dulu dalam melaksanakan Perda tentang Adaptasi Kehidupan Baru khusus dalam penanganan Covid," Kata ketua DPRD Inhil

Ketua DPRD Inhil mengatakan, dirinya bersama Kasat Pol PP Kab. Indragiri Hilir Akan mencoba menerapkan bagaimana cara-cara penindakan dan cara-cara dalam mengedukasi masyarakat yang dilakukan oleh Satpol PP Padang tersebut.

Dirinya juga memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Pemerintah Kota Padang, karena Satpol PP salah satu OPD yang telah ikut memberikan penekanan terhadap peningkatan pengembangan Covid di Kota Padang.

"Kita bangga Kota Padang sekarang sudah melaksanakan sekolah tetap muka, ini harapan kita, dengan nantinya kita belajar kesini. Perda ini juga akan kita buat di tembilahan, semoga percepatan sekolah tatap muka di Kabupaten Indragiri Hilir bisa kita laksanakan. jujur saja, anak-anak kita sudah rindu sekolah," harapnya

Seiring dengan itu, Ketua DPRD Kab Pesisir Selatan Ermizen menjelaskan, kedatangannya melihat bagaimana cara Satpol Padang dalam menangani Covid 19 di Kota Padang.

"Di kota Padang ini cukup bagus dalam penerapan di lapangan, Terutama Satpol PP nya ketika di lapangan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat," Imbuhnya.

(Ril/tambo)