Tak sembarangan, begini sepak terjang keenam menteri baru Jokowi!

D'On, Jakarta,- Presiden Jokowi bersama Wapres Maruf Amin mengumumkan enam menteri baru, hari ini. Keenamnya diumumkan Jokowi di Istana. Dari pengumuman itu, praktis ada empat menteri yang dicopot Jokowi.

Siapa saja mereka? Diketahui dua sebelumnya sudah tersangkut prahara korupsi, seperti Edhy Prabowo dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Juliari Batubara dari Kementerian Sosial.

Sedangkan empat menteri lainnya yang dicopot Jokowi adalah pertama Fachrul Razi selaku Menteri Agama, Wisnutama Kusbandio selaku Mentri Pariwisata, Terawan Agus Putranto selaku Menkes, Agus Suparmanto selaku Menteri Perdagangan.

Pada kesempatan 4 menteri dicopot Jokowi, beliau juga mengumumkan enam menteri baru. Siapa saja dan bagaimana sepak terjangnya?

6 Menteri baru Jokowi

Pertama adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang kini menjadi Menteri Sosial gantikan Juliari.

“Dia adalah Wali Kota Surabaya, dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kiya berikan n tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial,” ujar Jokowi disitat siaran live Kompas TV.

Kedua, ada nama Sandiaga Uno yang kini jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemenparekraf) menggantikan Wishnutama. Beliau sebelumnya adalah pengusaha, mantan Wagub DKI, dan mantan cawapres 2019 lalu mendampingi Prabowo Subianto.

Ketiga, ada nama Budi Gunadi Sadikin yang menggantikan Terawan. “Beliau adalah Direktur Utama Bank Mandiri, kemudian terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN, dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan,” ujar Jokowi.

Keempat ada nama Yahya Cholil Staquf. Dia rupanya berlatar belakang sebagai tokoh muslim.

Atas ini pula, dia dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Agama. Kelima Sakti Wahyu Trenggono. Jika sebelumnya dipercaya menjadi Wakil Menteri Pertahanan, mendampingi Prabowo Subianto, kini menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dan terakhir alias keenam, Muhammad Lutfi yang kini menjadi Menteri Perdagangan. Dia sebelumnya pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang juga Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

(Hops)

No comments

Powered by Blogger.