Breaking News

Senyum Habib Rizieq dari Balik Sel Tahanan

D'On, Jakarta,- Kondisi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Narkoba Polda Metro Jaya tampak sehat. Dalam sebuah foto yang tesebar di media sosial, Habib Rizieq tampak tersenyum meski berada di dalam sel tahanan. Dalam foto tersebut, Habib Rizieq tampak berpakaian dan mengenakan peci serba putih.

Habib Rizieq nampak berada di dalam sel yang terbilang cukup sempit dan hanya bisa ditempati satu orang. Terlihat juga sebuah koper berwarna putih yang diuga sebagai tempat menyimpat barang pribadi Habib Rizieq.

Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman juga sempat menyampaikan kondisi Habib Rizieq setelah dirinya menjenguk pemimpin FPI itu di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu. Kata dia, kondidi Habib Rizieq saat ini dalam keadaan baik-baik saja.

"Habib Alhamdulillah sehat wal afiat, tenang, beliau tetap gembira, tersenyum, bercanda," katanya beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Penyidik Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya sebelumnya resmi menahan Rizieq pada Sabtu 12 Desember 2020 dini hari. Habib Rizieq ditahan sekitar pukul 00.22 WIB setelah menjalani pemeriksaan selama 13 jam.

Dalam kasus ini, Rizieq dijerat Pasal 160 dan 216 KUHP. Pasal 160 KUHP berisi tentang Penghasutan untuk Melakukan Kekerasan dan Tidak Menuruti Ketentuan Undang-undang, dengan ancaman enam tahun penjara.

Sementara lima tersangka lainnya dikenakan Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Ancamannya, kurungan satu tahun atau denda Rp100 juta.

Mereka adalah Ketua Umum DPP FPI Sobri Lubis, Panglima Laskar Pembela Islam (LPI) Maman Suryadi, dan Haris Ubaidillah selaku Ketua Panitia Acara. Selanjutnya, Ali Bin Alwi Alatas selalu Sekretaris Acara dan Habib Idrus selaku Kepala Seksi Acara.


(okz/mond)