Breaking News

Brigjen Setyo Budiyanto Ditetapkan sebagai Direktur Penyidikan KPK

D'On, Jakarta,- Brigjen Setyo Budiyanto terpilih sebagai Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdasarkan Nota Dinas Nomor: 479/KP.02.00/50-54/09/2020 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal KPK Cahya Harefa.
Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango telah mengonfirmasi soal nota dinas tersebut. Ia pun menekankan bahwa tidak semua pejabat yang terpilih sebagai direktur di KPK berasal dari Polri.

"Iya (daftarnya benar), itu keseluruhan yang lolos jadi tidak hanya anggota polisi semua," kata Nawawi saat dikonfirmasi, Sabtu (19/9/2020).

Selain Setyo, nota dinas tersebut juga menyebutkan nama-nama lain yang terpilih melalui seleksi, yaitu Direktur Pengaduan Masyarakat Tomi Murtomo dari internal KPK serta Direktur Pengolahan Informasi dan Data Riki Arif Gunawan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kemudian, terdapat 9 nama koordinator wilayah yang terpilih, yakni Asep Rahmat Suwanda, Aminudin, Budi Waluya, dan Aida Ratna Zulaiha dari internal KPK serta Didik Agung Widjanarko, Agung Yudha Wibowo, Bahtiar Ujang Purnama, Kumbul Kuswijanto Sudjadi dan Yudhiawan dari Polri.

Dalam rangkaian proses seleksi, Setyo menyisihkan dua calon lain yang juga berasal dari Polri, yaitu Widyaiswara Muda Sespimpti Polri Kombes Nazirwan Adji Wibowo dan Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Didik Agung Widjanarko.

Setyo sebelumnya merupakan Koordinator Wilayah III KPK sekaligus menjabat sebagai Plt Direktur Penyidikan KPK menggantikan Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak yang ditarik ke Polri.

(mond)