Irwan Basir Apresiasi Festival Silat Digagas IPSI Kota Padang dan Kodim 0312

D'On, Padang (Sumbar),- Ikatan pencak silat Indonesia (IPSI) Kota Padang bekerjasama dengan Kodim 0312 Padang mengadakan festival pencak silat tradisional penyelenggaraan kegiatan komsos kreatif semester I TA.2020 di wilayah Kodim 0312 Padang, 28 sampai dengan 29 Juni 2020. Bertempat di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Minggu (28/06/2020) Pagi.

Pada tahun 2020 dengan tema "Pencak Silat Warisan Budaya Nusantara dan Warisan Dunia"

Dalam sambutannya, Ketua Ikatan pencak silat Indonesia (IPSI) Kota Padang, Zulhardi Z Latif, SH, MM mengatakan, sebenarnya agenda ini sudah lama mau diadakan. Namun, mewabahnya pandemi virus corona ini terpaksa di undur. Lanjutnya, Alhamdulillah, atas kerjasama dan komunikasi yang intens dengan Kodim 0312 Padang.

”Pencak silat ini sebagai warisan budaya kepada generasi muda. Selain itu, juga sudah menjadi warisan dunia. Makanya, generasi milenial ini mesti kita tanamkan arti dan makna sebuah kebudayaan khususnya silat,” pungkas Zulhardi yang akrab disapa Buya.

Lebih jauh di jelaskan Anggota DPRD Padang ini, selain sebagai nilai seni dan budaya kearifan lokal, silat ini juga menjauhkan generasi muda dari persoalan kenakalan remaja. Disamping itu, generasi muda sebagai estafet pewaris budaya dan pembangun bangsa, tutur Buya yang juga sekretaris Golkar Padang.

Ditambahkan oleh Ketua Pelaksana, Erman Jamal, ST festival pencak silat tradisional penyelenggaraan kegiatan komsos kreatif semester I TA.2020 di wilayah Kodim 0312 Padang, 28 sampai dengan 29 Juni 2020. Bertempat di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Erman Jamal yang juga sekretaris FKAN Pauh IX ini, Panitia mengundang 10 sasaran yang ada. Kemudian, kita perlombaan nilai- seni (jurus) nya saja. Ada yang perorangan, berpasangan dan ada penampilan pergroup. Nah, nanti bagi pemenang diberikan kepadanya tropi dan sertifikat, terang Wakil Ketua IPSI Padang Bidang organisasi.

”Nantinya, para pemuncak otomatis mewakili Kodim Padang ditingkat Propinsi (Korem). Jikapun menang, maka akan berlaga di Medan untuk di utus ke Pusat. Semoga IPSI Kota Padang bisa mewakili Sumbar nantinya,” harap Erman Jamal.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Kota Padang, yang juga Ketua MPA KAN Pauh IX, Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM menyampaikan, kita apresiasi kepada IPSI Padang dan Kodim 0312 Padang atas aplikasi terselenggaranya festival pencak silat tradisional ini. Kegiatan ini merupakan aura positif yang melahirkan embrio baru dan gairah bagi dunia persilatan di Pauh IX ini.

” Tanpa adanya festifal ini, guru-guru tuo dan guru kako pandeka yang telah memberikan kontribusi serta pembinaan disasaran, maka tidak akan ada gairahnya dan perkembangan ilmunya,” tegas Datuk Irwan Basir yang juga Ketua MPA Pauh IX Kuranji.

Maka dari itu, lanjut Ninik Mamak suku Jambak ini mari jadikan momentum membuat suatu utusan pada generasi berikutnya, bahwa pentingnya memperkokoh adat dan nilai budaya kepada generasi muda sebagai pemersatu dan keutuhan berbangsa bernegara, ajak Irwan Basir.

” InsyaAllah, dengan adanya festifal pencak silat tradisional ini, akan melahirkan generasi yang sangat ditunggu untuk berkompetisi ditingkat level apapun dan semoga IPSI secara organisasi dapat menjalankan program sesuai dengan tupoksinya,” ujarnya Ketua DPD Kota Padang.

Saat pembukaan turut hadir Ketua DPD LPM Kota Padang sekaligus Ketua MPA KAN Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM, Kodim 0312 Padang yang diwakili oleh Pasinter Kapten. Ifanteri Ikhlas Kodim 0312 Padang sekaligus membuka even tersebut.

Kemudian, Ketua Karang Taruna Kota Padang Yaldi Chaniago dan Zulhardi Z Latif, SH, MM Ketua IPSI Kota Padang beserta jajaran pengurus lainnya.

(MC IB)

No comments

Powered by Blogger.