IKAPPI Sumbar: Jalani Rangkaian Test Kesehatan dan Ikuti Protokol Covid-19 Pasarraya Padang Aman Dikunjungi

D'On, Padang (Sumbar),- Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) meminta pemerintah pusat dan daerah  menyiapkan langkah teknis dan konkret untuk upaya pencegahan virus corona baru (Covid-19) di pasar tradisional.

Ketua Umum Ikappi, Abdullah Mansuri, mengatakan, pasar tradisional adalah tempat banyak orang berinteraksi dan bertatap muka harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Karena menimbulkan risiko penularan yang harus diantisipasi.

"Ikappi meminta pemerintah agar memberikan langkah-langkah pencegahan di pasar karena ini adalah tempat masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, Pasar adalah ujung tombak ekonomi rakyat kecil dan Pusat disttibusi pangan Rakyat" kata Abdullah Mansuri

Menurut Mansuri, hingga saat ini belum banyak langkah-langkah konkret dari pemerintah provinsi maupun kota/kabupaten guna melalukan upaya pencegahan. Kami mencatat hanya beberapa kabupaten kota yang menjalankan pencegahan di pasar tradisional. Salah satunya adalah kota Padang Sumatera Barat. Dengan menjalani tes repid atau swap maka kita akan mencegah penyebaran dan menjalani protokol kesehatan dengan ketat.

Senada dengan Ketua umum IKAPPI, Ketua prov sumbar Amek juga mengapresiasi pemkot Padang yang mau peduli terhadap pasar kami ."Pemerintah daerah kota padang telah melakukan upaya pencegahan dan melakukan tes secara bertahap di Pasar se Kota Padang. tuturnya.

Di sisi lain, pihaknya pun terus menjalin komunikasi dengan Kepala dinas dan melakukan langkah-langkah pencegahan seperti himbauan dari IKAPPI Pusat. Antara lain memgatur ulang jarak lapak pedagang, menyemprot desinfektan dan tempat pencuci tangan. Dari tahapan protokol kesehatan tersebut IKAPPI menyimpulkan bahwa Pasar Raya padang adalah pasar paling aman di banding pasar lain di indonesia karena sudah melewati tahapan pengecekan dan pengamanan.

IKAPPI terus menghimbau, baik ke pedagang maupun masyarakat mengikuti panduan kesehatan yang telah diterbitkan oleh kementrian kesehatan dan IKAPPI Pusat melalui berbagai media dan saluran. Hal itu demi keamanan dan keselamatan di tengah pandemi global Covid-19.
IKAPPI berharap dengan pola pengamanan tersebut masyarakat Sumbar dapat dengan tenang berbelanja di Pasar Raya Padang agar ekonomi Rakyat terus membaik di masa pandemi ini. Pungkas Ameik ketua IKAPPI Sumbar.

(M.Yani)

No comments

Powered by Blogger.