Saat Pandemi Covid-19, Nasionalisme Mesti Ditingkatkan

D'On, Padang,- Saat pandemi Covid-19 mengharuskan setiap orang saling membantu.  Menjaga kekompakan dan meningkatkan rasa nasionalisme. 

Demikian antara lain disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Padang Rudy Rinaldy di Balaikota Padang, Kamis (28/5/2020).

"Mari kita saling membantu, meningkatkan rasa nasionalisme dan tidak saling menyalahkan di masa pandemi ini," katanya. 

Menurutnya, saling menyalahkan di masa pandemi akan menurunkan rasa empati. Rudy Rinaldy mengajak seluruh warga untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

"Aturan yang dibuat pemerintah untuk mengedukasi warga agar disiplin dan menerapkan protokol kesehatan. Ini merupakan upaya pemerintah melindungi warganya.  Apalagi di negara lain yang sudah lebih maju, terutama di segi fasilitas kesehatannya, masih saja tidak berdaya melawan virus corona, apalagi kita," ucap Rudy Rinaldy. 

Dijelaskan Rudy, Covid-19 merupakan virus baru yang hingga kini belum ditemukan vaksinnya. 

"Saat ini semua kita masih belajar cara mengatasi virus ini,  yang harus diingat bagaimana supaya kita tidak mengabaikan regulasi dasar yang sudah ditetapkan," jelasnya. 

Rudy menilai, rencana normal baru yang diapungkan pemerintah merupakan konsep yang paling cocok digunakan saat pandemi ini. Konsep ini  perlu didukung seluruh elemen masyarakat.

"Apalagi virus ini tidak akan pernah lenyap, sebab virus ini sama seperti virus influenza yang akan menyerang siapa saja ketika imun tubuhnya rendah," katanya.

(Charlie Ch. Legi/diskominfo)

No comments

Powered by Blogger.