7 Hadis tentang Keutamaan Surah Al-Baqarah, Ada yang Menyebut Dapat Mengusir Setan dari Rumah


Dirgantaraonline.co.id,- Setiap ayat suci Al-Qur'an memiliki keutamaan berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan hajat masing-masing orang. Namun secara keseluruhan, barang siapa yang rutin membaca Al-Qur'an kelak di akhirat akan mendapatkan syafaatnya.

Kali ini, kita akan membahas keutamaan Surah Al-Baqarah sebagaimana yang disebutkan dalam sejumlah hadis Rasulullah saw.

Hadis pertama, Rasulullah saw bersabda, "Bacalah ‘dua tangkai bunga indah’, yakni Surah Al-Baqarah dan Ali Imran. Sebab, keduanya akan datang pada hari kiamat laksana penaung, atau seperti awan pelindung, atau seperti kelompok burung yang membeberkan sayap-sayapnya dan membela pembaca keduanya. Maka bacalah Surah Al-Baqarah, sebab di dalamnya terdapat keberkahan, sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya." (HR. Ahmad).

Hadis kedua, Rasulullah saw bersabda, "Ingatlah, sekosong-kosongnya rumah dari kebaikan adalah rumah yang kosong dari kitabullah. Demi Zat yang menggenggam jiwa Muhammad, sesungguhnya setan akan keluar dari rumah yang dibacakan Surah Al-Baqarah di dalamnya." (HR. Ibnu Mubarak).

Hadis ketiga, dari Abu Hurairah ra dikatakan, "Segala sesuatu pasti memiliki pangkal. Dan pangkal Al-Qur’an adalah Surah Al-Baqarah. Di dalamnya terdapat sebuah ayat yang menjadi 'tuannya' ayat-ayat Al-Qur’an, yakni Ayat Kursi. Tidaklah ayat itu dibaca di suatu rumah yang di dalamnya terdapat setan kecuali setan itu akan keluar." (HR. Abdur Razzaq).

Hadis keempat, dikatakan, "Siapa saja yang membaca Surah Al-Baqarah, maka dia akan dikenakan mahkota darinya di surga." (HR. Ad-Darimi).

Hadis kelima, disebutkan, "Sesungguhnya Allah telah menulis kitab seribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi. Dari kitab itu, Allah menurunkan dua ayat dan dipakai untuk mengakhiri Surah Al-Baqarah. Maka tidaklah dua ayat itu dibaca di suatu rumah selama tiga malam, kemudian setan mendekati rumah tersebut." (HR. Ahmad).

Hadis keenam, memperkuat hadis di atas bahwa, "Siapa saja yang membaca akhir Surah Al-Baqarah pada suatu malam maka balasan membaca akhir surah itu akan mencukupkan untuknya pahala salat malam pada malam tersebut." (HR. Abdur Razzaq).

Hadis ketujuh, dikatakan oleh Ibnu Mas'ud bahwa Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa yang membaca empat ayat pertama Surah Al-Baqarah, kemudian Ayat Kursi, kemudian dua ayat setelah Ayat Kursi, kemudian tiga ayat terakhir Surah Al-Baqarah, maka dia dan keluarganya tidak akan didekati pada hari itu oleh setan. Tidak pula didekati oleh sesuatu yang tidak disukainya. Dan tidaklah dua ayat dibacakan pada orang tunagrahita (daya pikir lemah) kecuali akan sadar (atas izin Allah)." (HR. Ad-Darimi).

Dari hadis-hadis di atas, Ayat Kursi sebagai bagian dari Surah Al-Baqarah menjadi ayat yang sangat istimewa.

Dalam sebuah riwayat disebutkan, "Barang siapa yang membaca Ayat Kursi setiap usai salat, maka tidak ada yang mencegahnya masuk surga kecuali kematian. Dan siapa saja yang membacanya ketika mulai berbaring (tidur), maka Allah akan memberi keamanan kepada rumahnya, rumah tetangganya, dan rumah-rumah lain di sekitarnya." (HR. Ath-Thabrani).

Tidak hanya itu, keutamaan Ayat Kursi juga dijelaskan dalam riwayat lainnya, "Orang yang membaca Ayat Kursi setiap usai salat fardu, maka kedudukan orang itu seperti orang yang berperang membela para nabi Allah hingga gugur syahid." (HR. Ibnu As-Sunni).

Wallahu a'lam.

(Abu Khalil)

No comments

Powered by Blogger.