6 Amalan Ringan Bulan Ramadan Ini Berpahala Dahsyat, Lho!


Dirgantaraonline.co.id,- Ramadan merupakan bulan istimewa bagi umat muslim. Pasalnya, di bulan suci ini setan dan para jin dibelenggu, pintu neraka ditutup, dan pintu surga dibuka. Selain itu, Allah juga memberikan pahala berlipat ganda bagi siapa pun yang melakukan kebaikan. 

Melakukan kebaikan tidak harus selalu menjalani hal berat. Ada banyak kok amalan-amalan ringan yang mendatangkan pahala berlipat ganda.

Mau tahu apa aja? Berikut ulasannya! 

1. Memperbanyak zikir

Zikir merupakan salah satu amalan yang mudah banget buat dipraktikkan. Zikir dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Gak perlu nunggu selesai salat untuk melakukan zikir, kamu juga bisa berzikir di sela-sela aktivitasmu. 

Meski sekilas amalan zikir ini tampak sepele, faktanya pahala berzikir itu sangat besar lho! Dalam hadis dijelaskan dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Ada dua kalimat yang dicintai oleh Allah, ringan di lisan, dan berat ditimbangan: (yaitu bacaan) subhaanallaahi wa bihamdihi subhaanallaahil ‘adzim(Mahasuci Allah dan dengan memujiNya, Mahasuci Allah Yang Mahaagung),” (HR. Al Bukhari).

2. Menyempurnakan wudu

Setiap sebelum salat, kita diwajibkan untuk melakukan wudu dengan tujuan menyucikan diri dari segala kotoran. Namun sayangnya, masih banyak orang yang kurang memperhatikan tata cara berwudu dan cenderung asal-asalan dalam bersuci. 

Padahal jika kita sanggup menyempurnakan wudu, Allah Ta'ala menjanjikan surga dan pahala berlipat ganda. 

Dari Umar bin Khattab, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Barangsiapa yang berwudu dengan sempurna, kemudian selesai wudu dia membaca: asyhadu allaa ilaha illallah wa anna muhammadan abdullahi wa rasuuluh, maka akan dibukakan untuknya pintu surga yang jumlahnya delapan, dan dia boleh masuk dari pintu mana saja yang dia sukai.” (HR. Muslim)

3. Salat sunah 2 rakaat sebelum subuh

Satu lagi nih amalan ringan yang berpahala dahsyat, yakni salat sunah dua rakaat sebelum subuh. 

Jadi, sebelum kamu salat subuh, usahakan selalu menyempatkan waktu untuk salat sunah. Cuma 2 rakaat guys, gak sampai 5 menit. Tapi kamu bisa dapat pahala berlipat ganda loh! Sebagaimana dijelaskan dalam hadis:
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Dua rakaat sebelum subuh lebih baik dari pada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

4. Mendoakan orang lain

Beramal itu gak harus dengan uang, kok! Jika memang kamu kesulitan untuk bersedekah materi, kamu bisa membantu saudaramu atau orang yang membutuhkan lewat sebuah doa.

Ketika kamu mendoakan orang lain, di saat itu malaikat juga akan berdoa untukmu. Selain itu, kamu bakal memperoleh pahala yang berlipat ganda di sisi Allah Ta'ala. 
Rasulullah SAW bersabda:
"tidak ada seorang muslim pun yang mendo’akan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan Malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama". (HR Muslim)

5. Baca Al-Qur'an walau hanya 1 ayat

Jangan pernah membayangkan membaca Al-Qur'an itu sulit. Mengaji adalah aktivitas yang gampang banget dilakukan, bahkan bisa membuatnya hati terasa damai dan tenang. 

Mengaji juga memberikanmu banyak pahala. Tak perlu baca 1 juz dulu buat mendapatkan keutamaan Al-Qur'an. Meski kamu hanya membaca selembar atau mungkin 1 ayat, Allah sudah menilainya sebagai pahala.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
"Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-qur’an maka ia mendapat satu kebaikan, dan setiap kebaikan mempunyai 10 kelipatan pahala. Aku tidak mengatakan Aliflaammim itu satu huruf, tapi aliif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf.”(HR. Tirmidzi).

6. Menahan marah

Terakhir, amalan ringan yang juga mendatangkan keberkahan Allah Ta'ala adalah menahan emosi atau berusaha untuk tidak marah walaupun kamu mampu. Marah itu perbuatan yang sama sekali gak mendatangkan manfaat.

Allah lebih menyukai hamba-Nya yang bersifat lemah lembut, bahkan menjaminkan surga bagi siapa pun yang sanggup menahan amarah. 
"Siapa saja yang menahan marah, padahal dia mampu melampiaskannya, maka Allah akan memanggilnya pada Hari Kiamat di atas kepala para makhluk hingga dipilihkan baginya bidadari yang dia sukai.” (HR at-Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Nah, itulah tadi sederet amalan ringan yang mendatangkan pahala berlipat ganda. Semoga kita bisa mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Amin. 

(Abu khalil)

No comments

Powered by Blogger.