Kejar Nilai SAKIP A, Riza Falepi : Kepala OPD Harus Rubah Pola Pikir dan Budaya Kerja

D'On, Payakumbuh (Sumbar),- Pemerintah Kota Payakumbuh yang diprakarsai oleh BKPSDM mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Basko Padang, 28 dan 29 Februari 2020.

Kegitan tersebut diikuti oleh seluruh Pimpinan OPD, Sekretaris dan Kasubag Program, serta Tim SAKIP yang terdiri dari Badan Perencanaan daerah, Inspektorat, Bagian Organisasi, juga BKD dan BKPSDM yang juga punya andil dalam meningkatkan nilai SAKIP ini.

Kegiatan penting ini dihadiri oleh Wali Kota Riza Falepi dan dipandu langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, sementara hadir sebagai Narasumber Kepala Deputi Kinerja dan Pengawasan Kemenpan-RB Dr. Komaruddin, M.Sc. atau Pak Oding yang sekaligus Penanggung jawab SAKIP dan pengawasan serta Reformasi Birokrasi di wilayah I yang terdiri dari 11 Provinsi dan 174 pemda kota dan kabupaten.

Wali Kota Riza Falepi menyampaikan penekanan-penekanan pada seluruh pimpinan OPD dan seluruh peserta untuk serius dalam mengikuti kegiatan bimtek ini, pimpinan daerah dua periode itu juga menyampaikan bahwa perlu perubahan pola pikir (mind set), perubahan budaya kerja (culture set) untuk berorientasi hasil (outcome) dalam penyelenggaraan pemerintahan. .
.
"Kepala OPD harus mampu berinovasi, untuk mempercepat pencapaian kualitas SAKIP Kota Payakumbuh yang saat ini masih berada pada posisi BB. Bimtek ini bertujuan untuk memberikan penambahan pemahaman terhadap proses penyusunan SAKIP mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaporan, evaluasi kinerja, juga manajemen kinerja. Kepala OPD harus paham sasaran strategis kota dan indikator kinerja kota yang ada dalam RPJM," kata Riza tegas.

(hms)

No comments

Powered by Blogger.