5 Tips Buat Kamu yang Sedang Mempersiapkan Diri buat UNBK


Dirgantaraonline.co.id,- UNBK merupakan rintangan terakhir yang cukup menakutkan bagi sebagian siswa kelas tertinggi di setiap jenjang pendidikan, baik itu SD, SMP, dan SMA/SMK. Sebelum menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK biasanya setiap siswa memiliki strategi masing-masing agar dapat sukses menjalankan ujian tersebut.

Biasanya ketika akan masuk musim-musim ujian maupun sebelum ujian, akan ada beberapa perubahan yang terjadi, mulai dari setiap siswa akan menjadi lebih rajin belajar dan mencari informasi di internet. 

1. Rajin mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru

Tips yang pertama ini sangatlah wajib dilakukan, karena latihan soal yang diberikan oleh guru adalah rangkuman kisi-kisi yang biasanya diprediksi oleh gurumu akan keluar saat ujian nanti.

Latihan soal yang diberikan gurumu itu akan memberikan banyak gambaran materi yang mungkin sudah kamu lupakan, dan juga sering menghadapi latihan soal maka kamu bisa memprediksi materi apa saja yang muncul nanti. Jadi rajinlah mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh gurumu.

2. Mengikuti bimbingan belajar dan les tambahan

Selain dengan mengerjakan latihan soal yang diberikan gurumu, mengikuti bimbingan belajar juga akan membuatmu mendapatkan materi tambahan selain materi yang didapatkan di sekolah. 

Memang dengan mengikuti bimbingan belajar atau bimbel akan membutuhkan biaya yang besar.

Biasanya sekolah akan mengadakan les tambahan di waktu sore hari di bulan-bulan akhir semester. Karena itu jika sekolahmu mengadakan les sore rajinlah datang, lumayan dari pada harus membayar mahal untuk bimbel yang biasanya untuk siswa yang memiliki keuangan yang cukup banyak.

3. Manfaatkan internet

Di zaman yang sudah maju ini, internet menjadi salah satu kebutuhan yang sangat wajib bagi sebagian orang. Biasanya seorang siswa yang akan mengikuti ujian akan menjauhi dunia internet untuk sementara waktu. Padahal banyak informasi yang berguna di dalam dunia internet yang bisa kalian cari.

Karena itu manfaatkanlah internet dengan pencarian yang positif dan bermanfaat yang bisa mambantu kalian dalam menjalani hari-hari sebelum ujian dimulai. Dengan internet kalian bisa mengunjungi situs bermanfaat yang memberikan tips seperti dan juga situs belajar online yang biasanya perlu mendaftarkan diri.

4. Menjaga kesehatan

Hal lain yang tidak kalah penting dipersiapkan dalam menghadapi ujian adalah kesehatan. Biasanya menjelang masa ujian, siswa lebih memforsir otak dan fisiknya dengan berbagai aktivitas belajar dan kelas tambahan. Bila fisik tidak kuat, hal ini tentu akan berdampak pada kesehatan.

Agar fisik selalu sehat, usahakan untuk selalu makan dan istirahat tepat waktu. Bila perlu minum vitamin dan makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi aktivitas yang padat. Rajinlah berolahraga ringan seperti lari pagi, jangan sampai kamu sakit di saat menjelang hari ujian.

5. Jangan lupa berdoa dan mendekatkan diri pada Tuhan

Hal utama yang juga tidak boleh dilupakan adalah berdoa. Sebagai umat beragama sudah sepatutnya kamu berdoa dan meminta pertolongan kepada Yang Kuasa agar dimudahkan dalam proses ujian. 

Setelah berusaha dengan sungguh-sungguh, selanjutnya biarkan Tuhan yang melakukan sisanya. Sejatinya manusia hanya bisa berencana, namun keputusan tertinggi ada pada Tuhan yang Maha Esa.

Kepintaran manusia tidak berarti apabila kita tidak bersyukur kepada Tuhan. Maka sebagai anak muda yang pintar sekaligus beragama, beribadah lah sesuai ketentuan agama masing-masing dan berdoa supaya diberi kelancaran selama ujian nasional berlangsung.

Nah, dalam mempersiapkan ujian nasional ternyata bukan hanya fisik dan penguasaan materi saja yang haris dipersiapkan, tetapi juga mental. Pastikan kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan baik.
Jadi, bagaimana, sudah siap menghadapi Ujian Nasional tahun ini?

(Dinda/idn)

No comments

Powered by Blogger.