Alasan Polda Metro Tak Berlakukan Karintana Wilayah, Ternyata Mau Siapkan Rencana Ini

D'On, Jakarta,- Polda Metro Jaya belum memberlakukan karantina wilayah dalam menghadapi penyebaran virus corona atau Covid-19 di beberapa wilayah DKI Jakarta.


Keputusan itu, sesuai dengan surat telegram bernomor STR/414/III/OPS.2./2020 , yang dikeluarkan pada tanggal 28 Maret 2020 terkait rencana pengamanan.

“Saya menyampaikan Jakarta belum menerapkan karantina wilayah, masih menerapkan social distancing, physical distancing,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda ,Senin (30/03).

Yusri menyebut, sebelum memberlakukan karantina wilayah atau penutupan jalan akses dari dan akan masuk Jakarta, terlebih dulu pihaknya akan melakukan simulasi karantina wilayah. Latihan itu, untuk mempersiapkan bila sewaktu- waktu Jakarta lockdown.

“Jadi kita latihan simulasi situasi sekarang ini. Jadi kita minta data dimasing wilayah, kumpulkan rapatkan dibikin pelatihan bersama. Jadi besok-besok apapun yang terjadi sudah siap latihan,” ungkapnya.

Diketahui sebelumnya masyarakat dibuat resah dengan informasi yang beredar terkait Polda Metro Jaya meminta seluruh Kepala Bagian Operasional Polres untuk menyiapkan data terkait rencana pengamanan untuk penutupan jalan keluar-masuk Jakarta.

Namun, Pihak kepolisian menegaskan bahwa informasi tersebut tidak dibenarkan, kenyataannya yang tertuang dalam surat telegram dengan nomor STR/414/III/OPS.2./2020. Kapolda Metro Jaya meminta seluruh kepala bagian operasional Polres- polres untuk menyiapkan data-data rencana pengamanan (Renpam).

(mond/pjk)

No comments

Powered by Blogger.