Breaking News

Rui Pinto Sosok Hacker yang Bikin Man City Didepak dari Liga Champions


D'On, Inggris,- Manchester City baru saja dijatuhi larangan berkompetisi di Liga Champions oleh UEFA. Adalah Rui Pinto, sosok yang membocorkan borok The Citizens hingga terbukti melanggar Financial Fair Play (FFP).

Rui Pinto adalah seorang hacker asal Portugal. Pada tahun 2015 silam, Pinto meretas sejumlah email klub-klub top Eropa, termasuk Manchester City.

Skandal yang dikenal dengan 'Football Leaks' itu menjadi cikal bakal investigasi yang menjerat Manchester City terkait pelanggaran FFP.

Dilansir dari laman berita The Sun, Pinto meretas email klub besar Eropa dan disebut memiliki 70 juta dokumen serta 3,4 terabytes data yang berisi aktivitas keuangan klub top Eropa.

Nah hasil retasan Pinto tersebut kemudian ia serahkan ke sejumlah media. Majalah asal Jerman, De Spiegel kemudian mengangkatnya pada November 2018 lalu.

Bermula dari situ, investigasi dilakukan dan dari bocoran email tersebut, pemilik Manchester City, Sheikh Mansour bin Zayed Al Hanyan dari keluarga penguasa Abu Dhabi ternyata menyuntik dana pribadi melalui sponsor utama The Citizens, yakni Etihad.

Akibat ulahnya tersebut, Pinto sendiri kini harus mendekam di penjara. Sampai saat ini ia masih menunggu kelengkapan berkas untuk persidangan.

Meski begitu, apa yang dibuat Pinto ini diapresiasi oleh para pecinta sepak bola di dunia. Nyatanya usai Manchester City terbukti bersalah terhadap aturan FFP, tagar dukungan untuk membebaskan Pinto trending di akun media sosial Twitter.

Sementara itu, selain dijatuhi larangan tak boleh berkompetisi di Liga Champions selama dua tahun, Manchester City juga disanksi dengan denda sebesar 30 juta euro atau setara Rp445 miliar.

(Alang)