Breaking News

Siap-siap! Erick Thohir Mau Pangkas Jumlah BUMN

foto: CNBC
D'On, Jakarta,- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bakal memangkas jumlah perusahaan pelat merah. Menurut dia, jumlah perusahaan BUMN yang ada sudah terlalu banyak.

"Jumlah BUMN yang sekarang terlalu banyak harus dikurangi," kata Erick Thohir ketika ditemui di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Sebagai informasi, jumlah perusahaan BUMN saat ini sebanyak 142. Erick bilang, perampingan harus dilakukan agar BUMN bisa fokus meningkatkan kinerja.

Selama ini, dia menilai banyak perusahaan yang justru tidak fokus menggeluti bisnis inti. Tetapi malah merambah ke sektor lain yang sebenarnya sudah ada BUMN sejenis yang mengurusnya.

"Ini yang harus dibalikin ke core bisnis, yang harus dimerger atau ditutup, tidak bisa semua berdiri sendiri, terlalu banyak," tandasnya.

Karena itu, dia mengaku saat ini tengah membentuk tim khusus untuk menentukan indikator perusahaan berdasarkan good corporate governance.

"Di sana kita mengharapkan orang-orang yang professional, yang sesuai dengan tempatnya, bukan karena hasil lobi-lobi," bebernya.

Dia berharap, orang-orang yang masuk di BUMN bisa merubah pola pikir di BUMN ke depan. Diharapkan mereka tidak hanya sibuk atas dirinya sendiri tapi benar-benar kemampuannya dirasakan oleh bangsa dan negara.

"Ada banyak hal yang akan kita perbaiki di BUMN, dan tidak mudah dan perlu waktu," urainya.

Source: CNBC