Breaking News

Alfian Lestaluhu Punggawa Timnas U-16 Tutup Usia

D'On, Jakarta,- Punggawa Timnas Indonesia U-16, Alfian Lestaluhu tutup usia. Alfian menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 22.11 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta pada Kamis (31/10/2019).

Hasil diagnosa dokter, Alfin meninggal karena encephalitis (infeksi otak) dengan hipoalbumin. Pemain jebolan SKO Ragunan tersebut cukup lama mendapat perawatan di Jakarta sebelum menghembuskan napas terakhir.

Menurut tim media PSSI, jenazah Alfin pun akan dimakamkan di kampung halamannya di Tulehu, Ambon. Pemain berusia 15 tahun itu diterbangkan melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Disebutkan, Alfin diberangkatkan ke Halim Perdanakusuma sekira pukul 03.00 WIB dan diterbangkan ke Ambon sekira pukul 06.00 WIB pagi ini.

Sebelumnya, Alfin mengeluh sakit kepala dan harus dibawa ke rumah sakit sejak 29 September lalu di Ambon. Itu terjadi setelah dia juga menjadi korban gempa di Ambon.

PSSI pun berinisiatif membawa Alfin ke Jakarta dan dirawat di Ibu Kota. Sayang, takdir berkata lain dan Alfin pun tutup usia pada Kamis (31/10/2019) malam.

Kepergian Alfin tentu saja menyisakan duka yang mendalam. Bagaimana tidak, dia merupakan tokoh kunci keberhasilan Timnas Indonesia U-16 lolos ke Piala Asia U-16 2020 di Bahrain.

Alfin menjadi pilar penting Garuda Asia --julukan Timnas Indonesia U-16-- ketika mengarungi babak kualifikasi pada September lalu.

Alfin sempat menyumbang satu gol saat Timnas Indonesia U-16 menang 4-0 atas Filipina di Jakarta pada laga Grup G.

Gol ketiga Indonesia yang lahir pada menit ke-52 laga itu terbilang cukup indah. Alfin melepaskan tendangan keras kaki kanan dari sudut sempit yang tak mampu dihalau kiper Filipina.

Kemenangan itu juga meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia U-16 2020 di Bahrain.

Selain di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, Alfin sebelumnya juga ikut membela Timnas Indonesia U-16 saat tampil di Piala AFF U-16 2018.

Di ajang tersebut, Alfin membantu Indonesia menduduki posisi ketiga. Di laga play-off ketika itu, Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Thailand lewat adu penalti.

Alfin sendiri merupakan jebolan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan sebelum dipanggil memperkuat Timnas Indonesia U-16. Tak butuh waktu lama bagi sang fullback kanan untuk langsung menjadi bagian penting tim besutan Bima Sakti.

(Alang)