Diikuti 10 Ribu Peserta, Gowes Nusantara 2019 Resmi Dimulai dari Padang

D'On, PADANG – Ajang Gowes Nusantara tahun 2019 resmi dimulai dari Kota Padang, Sumatera Barat dengan dilaksanakan di 50 titik kabupaten/kota di 34 provinsi se-Indonesia. Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) itu mencatatkan diri sebagai titik awal penanda dimulainya program pemassalan olahraga dari Kemenpora RI tersebut. Sebagaimana tema yang diambil adalah "Kita Semua Bersaudara". 

Seperti diketahui, program yang bertujuan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga itu dibuka secara resmi Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta di kawasan Komplek GOR. H. Agus Salim, Kota Padang, Minggu pagi (31/3).

Juga hadir dikesempatan itu Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN M. Yani, Gubernur Sumbar diwakili Kadispora Adib Alfikri, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumbar, Besri Rahmad dan Wali Kota Padang Mahyeldi beserta jajaran.

Tak tanggung-tanggung, lebih kurang sebanyak 10 ribu peserta yang berasal dari dalam dan juga luar Kota Padang pun telah tampak bersiap-bersiap mengikuti dan mensukseskan event olahraga bersepeda itu.

Dalam sambutannya Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, mengatakan puncak Gowes Nusantara 2019 sendiri rencananya akan dilaksanakan pada September 2019 mendatang. Tepatnya, saat perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September.

Raden pun juga menilai kesuksesan gelaran yang sama pada dua tahun sebelumnya sangat di luar ekspektasi. Tolok ukurnya adalah dari antusiasme masyarakat yang begitu tinggi dalam mengikuti program Kemenpora di tiap titiknya.

“Karena itu, program ini nantinya harus bisa menjadi stimulus yang mampu membangun kesadaran tiap individu untuk berolahraga. Kondisi tersebut secara otomatis akan meningkatkan angka kesehatan dan kebugaran. Tren ini begitu terlihat selama dua tahun terakhir, di mana karakter serta partisipasi masyarakat berolahraga terus menanjak,” sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar diwakili Kadispora Adib Alfikri mengaku atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat senantiasa menyambut baik gelaran Gowes Nusantara sebagai perekat persatuan sesama warga Kota Padang dan Sumbar pada umumnya.

“Kepada seluruh peserta Gowes Nusantara tahun ini selamat bergowes rialah, mari jadikan olahraga kesenangan, kebutuhan dan gaya hidup kita sehari-hari. Sehingga menjadikan kita tidak hanya sehat namun juga bugar tentunya,” imbuhnya.

Sementara itu Wali Kota Padang Mahyeldi menyampaikan atas nama Pemko Padang sangat menyambut Gowes Nusantara sebagai program yang konkrit bagi Kota Padang. Karena mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan cara bersepeda di bawah payung program “Ayo Olahraga”.

“Apalagi event ini sekaligus mengangkat tali persaudaraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Apapun sukunya, bahasanya, warna kulitnya serta agama yang dianut sesuai tema “Kita Semua Bersaudara”.” ungkapnya.

Selain itu menurut pemimpin yang gemar berolahraga itu, dengan bergowes bersama-sama yang diikuti oleh komunitas-komunitas pesepeda maupun personal diharapkan terciptanya interaksi sosial yang positif.

“Kita sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mempercayai Kota Padang sebagai “kick off” Gowes Nusantara 2019. Hal ini sejalan dengan kita yang menjadikan olahraga sebagai “life style” bagi warga kota. Semoga saja dengan banyaknya event-event olahraga yang digelar, warga masyarakat Kota Padang akan lebih gemar berolahraga baik untuk jalur prestasi atau pun untuk kebugaran,” tukuknya didampingi Plt Kepala Dispora Al Amin.

Seperti diketahui, Ajang "Gowes Nusantara 2019 untuk di Kota Padang pelaksanaanya diawali dari depan Kantor Dispora Kota Padang kemudian melanjutkan rute melewati jl. Rasuna Said-Khatib Sulaiman, Simpang Kantor DPRD Sumbar-jl. S.Parman-jl.Juanda-jl.Samudera-Batang Arau-jl.Pasa Gadang-jl.Ganting-Simpang Haru dan kembali ke jl.Sudirman untuk kembali finish di Komplek GOR.H.Agus Salim. Sementara bagi para pemenang akan menerima hadiah menarik yang telah disediakan.

Dalam kesempatan itu juga digelar Pencanangan Bike To School yang disertai penyerahan sepeda bagi 5 pelajar. Kemudian juga Gerakan Kembali ke Meja Makan sebagai sinkronisasi program pemerintah pusat dengan daerah. Juga hadir dikesempatan itu Ketua DPRD Padang Elly Thrisyanti, Unsur Forkopimda Padang, Wakil Wali Kota Padang terpilih Hendri Septa serta lainnya. (hms)

No comments

Powered by Blogger.