Breaking News

KNKT Akan Tetap Mencari CVR Lion JT 610 Hingga Tidak Ada Lagi Dana yang Tersisa


D'On, JAKARTA,- Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, meskipun Basarnas akan mengakhiri operasi pencarian dan evakuasi korban pesawat Lion Air JT 610 pada Sabtu (10/11) besok,  namun pihaknya masih melakukan pencarian terhadap bagian dari kotak hitam pesawat  PK-LQP tersebut.

“KNKT akan mencari sampai ketemu. Jadi selama kita masih mampu karena pencarian itu kan membutuhkan dana. Kalau kita berusaha semaksimal mungkin menemukan black box itu karena CVR ini sangat kritikal di dalam kecelakaan Lion JT 610 ini,” ujar Soerjanto di JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (9/11).

Diungkapkan Soerjanto, bahwa penemuan CVR sangat penting bagi KNKT guna mengetahui apa saja percakapan yang dilakukan oleh Pilot dan Co Pilot selama 13 menit penerbangan. Karena Flight Data Recorder (FDR) yang telah berhasil ditemukan hanya memuat data penerbangan saja, sehingga sulit bagi KNKT untuk menginvestigasi apa yang sebenarnya menjadi masalah dalam penerbangan nahas tersebut.

“jika hanya Black Box FDR aja yang kita temukan itu tidak lengkap jadi kita butuh juga CVR ini, apa sih yang dibicarakan antar kedua pilot tersebut nanti akan berhubungan masalah training, human factor, masalah argonomi dari pesawatnya apapun karena hal ini sangat berkaitan dengan masalah human factor,” ungkapnya.
Soerjanto mengatakan, KNKT tidak memiliki batasan waktu dalam pencarian CVR tersebut. Ditambahkannya, pencarian akan berhenti bila dana yang dimiliki KNKT sudah semakin menipis.

“Kami terus berupaya untuk mencari CVR tersebut meski sebulan, dua bulan lagi ya kita akan berusaha sekuat tenaga dan semampu kita. Dananya yang ada nanti pada satu saat kalau memang kita gak mampu kita akan bicarakan dengan teman-teman. Karena ini juga masalah internasional ya,” tandasnya. (ning/mond)