Kantor Kementrian Pertahanan Terbakar, Kerugian Ditaksir Sebesar Rp 1,5 Miliar


D'On, JAKARTA,-  Sebanyak 14 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api  yang melahap Kantor Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Jalan Merdeka Barat Nomer 13/14, Jakarta Pusat, pada Jumat (16/11) pagi kemarin. Diduga kebakaran akibat konsleting listrik.

Dikatakan anggota piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Ahmad Syaiful Kahfi mengatakan, api berkobar sekitar pukul 05.00 WIB dan dapat dipadamkan dua jam setelahnya.

“Sekitar pukul 07.02 WIB api sudah berhasil kita padamkan,” katanya.

Menurut informasi dari Syaiful, kebakaran terjadi di lantai tujuh atau tempat fitness dan sauna akibat hubungan arus pendek.
“Kebakaran terjadi diduga karena adanya konslet listrik, di ruangan sauna dengan ukuran 2×4 meter,” ujarnya.

Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Kemenhan Brigjen Totok Sugiarto menambahkan, tidak ada korban jiwa saat kejadian terjadi.

“Alhamdulillah dalam kejadian di ruang sauna ini, tidak ada korban jiwa,” terangnya.

Menurutnya, saat insiden terjadi pertama kali diketahui oleh satuan keamanan Kementrian Pertahanan.

‘’Terjadinya kebakaran ini pertama kali diketahui oleh petugas satkam (satuan keamanan) dan pemadam kebakaran Kementrian Pertahanan. Temuan tersebut lalu dilaporkan ke Damkar Jakarta Pusat,’’ jelasnya.

Lebih lanjut Totok mengatakan, bahwa alat pemadam api otomatis (water sprinkle) yang ada di lantai tujuh pun sudah berhasil memadamkan api.

‘’Dan api sudah dapat padam dengan water sprinkle, tapi asapnya saja yang masih ada. Setelah itu baru datang mobil pemadam,’’ tuturnya.

Akibat kebakaran yang terjadi, pihaknya mengalami kerugian hingga miliaran. “Ini baru perkiraan saja, kerugian itu ditaksir mencapai Rp1,5 M,” ungkapnya. (nov)

No comments

Powered by Blogger.