Kalah Dari Thailand Langkah Timnas Indonesia Makin Berat

D'On, Bangkok (Thailand),- Tim Nasional (timnas) Indonesia berhadapan dengan Thailand di pertandingan penyisihan Grup B Piala AFF Suzuki Cup 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/11). Hasil akhir, Indonesia kalah dari Thailand dengan skor 4-2.

Mampu tampil menggebrak diawal laga malalui Riko Simanjuntak pada menit kedelapan. Sayangnya, tembakan gelandang Persija Jakarta itu masih melebar dari gawang Thailand.

Tampil dengan skuad terbaik, kedua tim terus saling jual beli serangan di pertandingan babak pertama. Beberapa kali Indonesia pun menyerang Thailand dengan umpan-umpan terobosan ke kotak pinalti. Stefano Lilipaly memiliki peluang emas pada menit ke-26 saat menerima umpan terobosan akurat dari Andik Vermansyah. Terus menyerang, akhirnya Indonesia berhasil memecah kebuntuan lewat gol tendangan jarak jauh Zulfiandi pada menit ke-8 dengan memanfaatkan umpan dari Evan Dimas Darmono.

Seolah tak mau menyerah, Pemain kawakan Thailand, Tanaboon Kesarat membalas dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang bisa ditepis Awan Setho di menit ke-36. Makin percaya diri, Thailand akhirnya mampu menjebol gawang Timnas Indonesia lewat sepakan pojok Korrakot Wiriya-Udomsiri pada menit ke-37. Kiper Indonesia, Awan Setho tak mampu membendung sepakan pojok yang melaju ke tiang jauh Indonesia.

Masuki menit tambahan waktu, Thailand kembali menjebol gawang Tim Garuda pada menit ke-47. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia. Babak pertama disudahi dengan skor 2-1 untuk keunggulan Thailand.

Babak kedua berlangsung, Indonesia tampil menggebrak melalui aksi Riko Simanjuntak yang mencoba merangsek masuk kotak pinalti Thailand membuat tensi pertandingan semakin tinggi. Bukan tanpa serangan, Thailand pun kerap menampilkan serangan dari pemain tengah yang mendorong bola ke depan. Hasilnya, pemain belakang Indonesia, Fachrudin harus diganjar kartu kuning di menit ke-60 setelah memberikan tekel keras kepada salah satu pemain Thailand.

Tampil terbuka, gawang Timnas Indonesia kembali kebobolan oleh Striker andalan Thailand, Adisak Kraisorn setelah mendapat umpan dari Thitiphan Puangchan di menit ke-65. Tertinggal 2 gol, Indonesia makin melemah. Serangan dari Timnas Indonesia pun semakin menurun.

Setelah unggul 2 gol, Thailand tampil lebih percaya diri. Memanfaatkan kelengahan pemain belakang Timnas Indonesia, Thailand menciptakan gol keempatnya pada menit ke-74 lewat Pokklaw A-nan. Hal ini membuat tim The War Elephant makin percaya diri dalam membuat serangan yang mengancam gawang Awan Setho.

Timnas Indonesia pada menit ke-88 berhasil memperkecil ketertinggalan lewat tandukan Fachrudin memanfaatkan sepak pojok dari Riko Simanjuntak. Skor berubah 4-2 untuk keunggulan bagi Thailand. Hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan, skor tetap tak berubah 4-2 untuk kemenangan Thailand.

Dengan kekalahan ini, langkah Timnas Indonesia untuk lolos dari penyisihan Grup B Piala AFF 2018 semakin berat. Pada laga selanjutnya di Grup B, Indonesia akan menghadapi Filipina pada 25 November di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. (alang)

No comments

Powered by Blogger.