Breaking News

Kuliner Sumatera Barat Bukan Hanya Nasi Padang


D'On, Padang (SUMBAR),- Rendang memang menjadi salah satu kebanggan kuliner masyarakat Minangkabau. Namun, perlu kamu tahu, Sumatera Barat tak hanya punya rendang sebagai makanan andalannya. Ada begitu banyak kuliner yang tersebar di penjuru Sumatera Barat yang mampu membuat lidahmu bergetar menahan lapar.

Rasanya pun tak kalah nendang bila disandingkan dengan rendang. Siap-siap ngiler, ya.

Itiak Lado Ijau

Itiak lado ijau merupakan makanan khas dari daerah Koto Gadang, Sumatera Barat. Sesuai namanya, bahan utama dari masakan ini adalah itiak (itik / bebek) dan lado ijau (cabe hijau). Itiak diolah sedemikian rupa dengan bumbu-bumbu masak lainnya seperti laos, kunyit, jahe, daun salam dan daun kunyit untuk menghilangkan rasa amis dagingnya.
Percaya deh, ngeliatnya pasti bikin kamu lansung ngiler. Daging itiak yang dibaluri cabe hijau halus akan mendatangkan sensasi pedas sekaligus gurih di lidah.

Dendeng Batokok

Batokok dalam bahasa Indonesia berarti dipukul. Disebut demikian karena dalam proses pengolahannya, daging dipukul-pukul terlebih dahulu sehingga tekstur empuk dari daging semakin terasa dan bumbu bisa semakin meresap.
Sebelum dibaluri dengan bumbu, istimewanya daging ini dibakar terlebih dahulu. Setelahnya baru lah daging dibaluri bumbu-bumbunya, termasuk cabe hijau yang tentu saja membuatnya semakin menggoyangkan lidah.

Gulai Kapalo Lauak
Gulai kapalo lauak merupakan hidangan khas daerah Pariaman, daerah pesisir pantai di Sumatera Barat. Seperti namanya kapalo lauak yang berarti kepala ikan, bahan utama dari masakan ini adalah kepala ikan. Di daerah asalnya, ikan yang sering dipakai adalah jenis ikan karang, seperti ikan kakap. Jangan takut akan ada rasa amis saat kamu menyantap hidangan ini, yang ada hanyalah nikmatnya racikan bumbu yang meresap pada daging lembut di kepala ikan. (dinda)